Recent Posts

Wanita 16 tahun berlayar keliling dunia

Laura Dekker, seorang gadis belanda usia 16, sepertinya hari ini menjadi orang termuda yang berhasil berlayar mengelilingi dunia. Kemarin, ia menginjakkan kaki di dermaga St Maarten, Kepulauan Karibia. Ini adalah akhir dari perjalanan dengan perahu layarnya yang diberi nama "Guppy" selama setahun.

LAURA DEKKER/IST


Puluhan orang bersorak dan melompat-lompat saat Dekker melambaikan tangan dari atas kapal. Ia menangis kemudian berjalan melintasi dermaga ditemani oleh ayah, ibu, adik dan kakek-neneknya yang terlebih dahulu menyambutnya di laut. Dekker tiba di St Maarten setelah berjuang selama 41 hari melawan laut yang tinggi dan angin kencang dalam putaran akhir perjalanannya, dari Cape Town, Afrika Selatan.

"Ada saat-saat di mana aku merasa; 'Apa yang saya lakukan di sini?', Tapi aku tidak pernah ingin berhenti. Ini mimpiku, dan aku ingin melakukannya," katanya kepada Associated Press (Sabtu, 21/1)

Dekker mengaku lahir dari orang tua yang tinggal di perahu di dekat pantai Selandia Baru. ia pertama kali berlayar sendiri pada usia 6 tahun. Waktu umur 10 tahun, mulailah Dekker mulai bermimpi mengelilingi dunia. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dalam ekspedisi ini.

Dekker mengklaim bahwa ia adalah pelaut termuda yang menyelesaikan pelayaran mengelilingi dunia. Akan tetapi, Guinness World Records dan World Sailing Speed Record Council tidak memverifikasi klaim tersebut. kedua lembaga pencatat rekor itu tidak lagi mengeluarkan catatan bagi pelaut termuda, sebab berbahaya.

Otoritas Belanda pun pernah mencoba menghalangi perjalanan Dekker. Mereka berpendapat, ia masih terlalu muda untuk mempertaruhkan hidupnya, dan para gurunya pun menginginkan Dekker kembali ke ruang kelas untuk belajar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More